Teseaire (Tetra Saga In Regeneration)

Diposting oleh Teater Lakon Kamis, 19 Maret 2009

Disebuah malam yang dingin dan berkabut. Tepat di teras gedung megah milik Universitas Pendidikan Indonesia, dari sanalah mulai terbentuknya sebuah janji. Sebuah pernyataan yang diirarkan oleh 16 orang anggota muda teater LAKON angkatan 2009. Yakni bersedia untuk bahu membahu, membulatkan tekad dan fikiran, bersatu dalam gejolak darah muda mereka untuk melawan teriknya matahari teater LAKON. Ke 16 orang tersebut bersatu dalam sebuah nama “Tesaire”.

Tesaire sendiri merupakan sebuah tema atau idiom atau mungkin istilah. Entah sejak kapan setiap anggota muda teater LAKON memiliki motto dalam setiap angkatannya. Kalau kita mau mundur beberapa tahun kebelakang, mungkin para penikmat pertunjukan pernah mendengar kata “Panggung Embrio” (2006), “Metra Mitra Statis” (2007), “Reinkarnasi” (2008). Mungkin saja para angkatan muda ini tidak mau kalah oleh para pendahulunya, sehingga mereka ikut-ikutan latah memakai tema dalam resital mereka kali ini.

Uniknya dari 16 anggota Tesaire itu hanya Satu orang yang berstatus laki-laki, dengan kata lain semua anggotanya perempuan. Aneh memang, menurut pengakuan Ketua PAB Sandi Setiawan, sejak pertama kali dibuka pendaftaran sampai ditutup kembali hanya 4 orang laki-laki yang mendaftar. Namun hanya 1 yang bertahan yang Tiga hilang ditelan belantara kampus. Atau mungkin hal ini ada hubungannya dengan tampuk pimpinan Ketua teater yang dipegang oleh Tri Asih Puspitaningtyas yang notabene seorang wanita. Hanya Tuhan yang tahu...

Sudah dua tahun terakhir teater LAKON hanya menampilkan 2 buah naskah drama dalam setiap resitalnya. Padahal jumlah anggota yang masuk dalam gerbang resital tidak pernah jauh dari 15 orang. Baru tahun sekarang kembali mementaskan 4 naskah drama. Adapun naskah yang akan dipentaskan adalah :

1. AA,II,UU (Arifin C Noer) dengan sutradara Jajang Arkidam

2. Tuan Kondektur (Anton P Chekov) sutradara Ina Setiawati

3. Sekuntum Melati Buat Rima (Remmy Sylado) sutradara Agung Purnama Putra

4. Ada Kelahiran (M.Ramlan Afrizal) sutradara M. Ramlan Afrizal.

Ke empat naskah tersebut rencananya akan dipentaskan pada tanggal 24,25, 27,28 Maret 2008 di Auditorium PKM UPI.

Sebagaimana biasanya resital merupakan ajang ujian bagi setiap anggota teater LAKON. Untuk bisa meraih gelar anggota kehormatan, seorang anggota teater LAKON wajib mengikuti Tiga kali ujian yaitu : Pemeranan, Penata, dan Sutradara. Masing-masing ujian dilakukan setiap satu tahun sekali. Dan berikut ini daftar anggota teater LAKON yang akan menempuh ujian :

A. Pemeranan (anggota muda)

(Arif, Silvy,Upi,Sri,Lidya,Linx,Dwi,Uchi,Icha,Rahma,Kiki,Ratih,Santi,Meva,Lusi,Mira)

B. Penata

1. Dwi Aryanto Arnando (Artistik-Tuan Kondektur)

2. Selamet Adriadi (Artistik-Sekuntum Melati Buat Rima)

3. Farid Shobri (Artistik-Ada Kelahiran)

4. Ayu Suminar (Artistik-AA,II,UU)

5. Mela Lisyanti (Tata Busana)

6. Iin Dyah Purwanti (Tata Busana)

7. Femia Yamaniastuti (Tata Busana)

8. Sandi Setiawan (Lighting)

C. Sutradara

1. Jajang Arkidam

2. Ina Setiawati

3. Agung Purnama

4. M.Ramlan Afrizal

Itulah deretan nama yang akan menghadapi ujian di teater LAKON. Tentunya kami berharap dari resital ini kelak akan muncul generasi-generasi yang ulet dan pantang menyerah dalam memperjuangkan eksistensi teater LAKON. Semangat!!

Chanz

0 Responses to Teseaire (Tetra Saga In Regeneration)

Posting Komentar


umang
Photobucket bigwaska